Desa 4 edisi Juni 2023

Karangwuni - Prioritaskan Perbaikan Jalan Desa

Ilustrasi Karangwuni - Prioritaskan Perbaikan Jalan Desa

Tekad Pemerintah Desa (Pemdes) Karangwuni, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon, mewujudkan desa maju tampaknya kian meningkat. Hal itu dibuktikan melalui pembenahan infrastruktur jalan desa yang tengah diperbaiki saat ini.

Kuwu Desa Karangwuni Suhedi mengatakan, di tahun pertama menjabat, Pemdes Karangwuni bersicepat memperbaiki jalan poros desa hingga gang-gang. Terlebih, jalan desa merupakan akses utama kegiatan para warga sehari-hari.

Skala prioritas perbaikan jalan, kata Suhedi, merupakan hasil musyawarah bersama pemerintah desa dengan masyarakat. Hal itu diseriusi bersama dengan seluruh elemen lembaga desa termasuk BPD, LPM dan karang taruna sebagai bentuk pengawasan.

Pada periode awal memimpin, Suhedi mengakui, Pemdes Karangwuni telah memperbaiki jalan desa tak kurang dari 17 km. Sementara pada periode kedua ini perbaikan jalan hanya baru terealisasi 600 meter, karena keterbatasan anggaran.

“Berbeda dengan periode pertama, perbaikan jalan dibantu swadaya dan masyarakat. Untuk menata jalan sepanjang 17 km kita butuh beberapa anggaran, namun kita tutup dengan anggaran yang diperoleh dari pemerintah dan swadaya,“ ungkap Suhedi.

Dengan keterbatasan anggaran, Suhedi pun selektif memilih daerah atau lokasi yang menjadi skala prioritas perbaikan. Sebagaimana telah dirancang, penggunaan APBDes dialokasikan 50 persen untuk pertanian, ketahanan pangan dan 50 % untuk pembangunan.

Intinya kami prioritaskan pembangunan infrastruktur desa terutama jalan. Dengan adanya perbaikan jalan aktivitas warga menjadi seperti bertani, dan memudahkan petugas sampah untuk mengangkut sampah sampai ke TPS, ujar Suhedi.” jelas Suhedi.

Selain perbaikan jalan desa, Suhedi juga telah merealisasikan pembangunan saluran air perusahaan daerah air minum (PDAM) ke seluruh rumah warga Desa Karangwungi.

"Kita telah lakukan penyaluran air bersih juga untuk warga dari PDAM yang terhubung ke seluruh blok di desa. Kami berharap langkah kami memajukan dewasa terus dapat didukung Pemkab Cirebon," pungkasnya. *Sln

Pencarian
Edisi Terbaru 2024