Publika edisi Juni 2023

PUBLIKA - JUNI

Ilustrasi PUBLIKA - JUNI

Judul :

PUBLIKA – JUNI


Teaser :

 

Publika 1

Judul:

Butuh PJU di Jalan Belawa

Body

Assalamualaikum Wr Wb.

Saya ingin melaporkankondisi jalan di Desa Belawa hingga Desa Wangkelang. Minimnya penerangan jalan umum (PJU) ditambah permukaan aspal yang kurang baik membuat waswas pengguna jalan ketika melintas di jalur tersebut.

Terlebih jika dilihat, kontur tanah yang berbukit dengan medan naik turun dan berkelok membuat banyak warga enggan melewati jalan tersebut saat malam hari. Meski belum ada laporan adanya kriminalitas, namun bagi saya sangat rawan kejahatan.

Menurut saya, sudah seharusnya sarana penunjang keamanan seperti PJU, pagar pembatas, cermin tikungan serta sarana lainnya disediakan. Agar para pengguna jalan merasa lebih aman dan siaga ketika melintasi jalur tersebut.

Mengingat saat ini, Desa Belawa sudah menjadi desa wisata, maka sudah seharusnya ditunjang dengan infrastruktur jalan yang menjamin keamanan dan keselamatan.

(Rahmat/Sindang/Mahasiswa)

 

PUBLIKA 2

Judul:

Keluhkan GOR Desa Tak Terawat 

Body

Salam hormat Bapak/Ibu anggota DPRD Kabupaten Cirebon, semoga senantiasa diberi kelancaran dalam menjalankan tugas. Sebelumnya perkenalkan saya Aziz, asal Desa Kepunduan, Kecamatan Dukupuntang. Saya ingin melaporkan kondisi gelanggang olahraga (GOR) Desa Kepunduan yang terbengkalai.

Keadaan tersebut, tentu sangat disayangkan mengingat fasilitas di GOR cukup lengkap, mulai dari lapangan futsal, volly, hingga basket. 

Tidak berfungsinya fasilitas olahraga tersebut, berimbas pada vakumnya kegiatan olahraga yang biasa diramaikan oleh muda-mudi desa.

Kurangnya perawatan, serta ketidakseriusan pemerintah desa dalam mengelola serta merawat fasilitas tersebut menjadi penyebab. Semoga kedepan ada upaya untuk kembali memfungsikan fasilitas GOR tersebut. Terima kasih Cirebon Katon berkenan menerbitkan.

 

PUBLIKA 3

Judul:

Ratusan Sapi Terserang Penyakit

Body

Masih segar diingatan kita, kasus ribuan ekor sapi yang terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Cirebon, pada pertengahan 2022 yang lalu. Kini, masyarakat kembali digegerkan dengan kemunculan kasus Lumpy Skin Disease Virus (LSDV), atau biasa disebut oleh peternak penyakit lato-lato, yang menyerang hewan seperti sapi dan kerbau.

Virus tersebut mengakibatkan benjolan layaknya bola lato-lato di kulit hewan yang terinfeksi.

Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Cirebon pada 11 April 2023 mencatat, ada sekitar 342 ekor sapi terpapar LSD. Sapi-sapi tersebut tersebar di 28 wilayah kecamatan dan 74 desa di Kabupaten Cirebon. Meski daging hewan yang terpapar tetap dapat dikonsumsi, kejadian tersebut tentu sangat disayangkan, mengingat kasus masuknya hewan terinfeksi penyakit tetap berulang.

Saya harap pemerintah dapat lebih bersikap tegas dalam menyikapi masalah ini, terima kasih.

 (Hendra/Pedagang/Batembat)

 

PUBLIKA 4

Judul:

Simpang Tiga Lemahabang Semrawut

Body

Assalamualaikum Wr Wb.

Bukan hal aneh jika melihat kepadatan lalulintas di pertigaan Lemahabang saat pagi maupun sore hari. Saling serobot antar pengguna jalan, menjadi pemandangan yang biasa terjadi. Keberadaan parkir liar, serta pedagang yang menyerobot sebagian badan jalan, dituding menjadi biang kemacetan arus di lokasi tersebut.

Selain itu, tidak tersedianya sarana lampu isyarat semakin melengkapi lalulintas semrawut.

Kondisi tersebut diperparah oleh sikap acuh para pemilik kendaraan, yang kerap memarkir kendaraannya di sembarang tempat. Hal tersebut sering memicu insiden saling senggol antar pengguna jalan.

Saya berharap, disediakan sarana lampu lalulintas agar pengguna jalan dapat lebih teratur. Disamping itu, dibutuhkan peran petugas yang berjaga untuk menindak para pelanggar lalulintas yang sering kedapatan memicu kemacetan.

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

(Zain/Mahasiswa/Lemahabang)

 

Pencarian
Edisi Terbaru 2024