Desa 2 edisi April 2023

Sarajaya - Dongkrak PADes dengan Sentra Kuliner dan Wisata

Ilustrasi Sarajaya - Dongkrak PADes dengan Sentra Kuliner dan Wisata

Pemerintah Desa (Pemdes) Sarajaya, Kecamatan Lemahabang, tengah mewacanakan pendirian sentra kuliner dan wisata yang ditunjukan bagi warga desa setempat.

Pendirian sentra kuliner serta wisata tersebut direncanakan tak jauh dari sarana olahraga. Kuwu Desa Sarajaya Rudiana menyebut, pembangunan sentra kuliner dan wisata dimaksudkan agar Pendapatan Asli Desa (PADes) dapat meningkat. Diketahui, PADes Sarajaya hari ini baru memperoleh Rp  90 juta per tahun yang bersumber dari pengelolaan tanah titisara milik desa.

PADes tersebut diakui tak mampu untuk membiayai pengembangan sejumlah program. Oleh karenanya, Kang Rudi sapaannya, mencetuskan ide untuk mendirikan sentra kuliner dan wisata. Dengan harapan dapat menjadi salah satu lumbung pendapatan.

“Langkah ini merupakan salah satu ikhtiar kami selaku Pemdes Sarajaya untuk memajukan desa agar lebih baik dari hari kemarin, Kita melihat bahwa potensi wisata di desa kami sangat mungkin untuk dimajukan,” ungkapnya.

Selain berencana mendirikan sentra kuliner dan wisata, Rudiana juga diketahui tengah menggenjot progres pengerasan Jalan Usaha Tani (JUT) sepanjang 5 kilometer. Langkah tersebut, ia upayakan agar akses dan mobilitas para petani lebih lancar.

Rudiana menjelaskan, populasi penduduk Desa Sarajaya saat ini menyentuh angka 6000-an. Dimana sebagian besar berprofesi sebagai petani padi. Keberadaan akses JUT yang kurang layak seringkali menghambat produktivitas mereka, Sehingga hal tersebut banyak dikeluhkan para petani di daerahnya.

“Makanya agar produksi petani padi bisa meningkat kita akan optimalkan akses jalan tani,” jelasnya.

Meski demikian, Rudiana mengaku tidak bisa jika hanya bergerak sendiri. Perlunya dukungan dari seluruh elemen agar program-program tersebut dapat segera terealisasi mutlak dibutuhkan.

Rudiana berharap, upaya-upaya tersebut dapat lebih meningkatkan taraf hidup serta kesejahteraan bagi warga Desa Sarajaya.

“Bagaimanapun, ini untuk kesejahteraan masyarakat. Makanya kita perlu dukungan dari Pemerintah Kabupaten Cirebon agar semua program segera terealisasi,” ungkap Rudiana. *Mir

Pencarian
Edisi Terbaru 2024
Agustus 2024
Cover edisi Agustus 2024
Juli 2024
Cover edisi Juli 2024
Juni 2024
Cover edisi Juni 2024