Desa 1 edisi Januari 2023

Kedungdawa - Tahun Depan Punya Wahana Air

Ilustrasi Kedungdawa - Tahun Depan Punya Wahana Air

Tekad membangun desa wisata tengah dilakukan Pemerintah Desa Kedungdawa, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon. Mereka merancang sebuah wisata desa di atas tanah seluas 4000 meter kubik (m2).

Di atas tanah tersebut, sedang dibangun sebuah wahana air: kolam renang, waterboom dan wahana air lainnya. Tempat yang dipilih pemdes pun tak sembarang melainkan berada di lahan yang masih asri dengan suasana alam mendukung.  Tempat wisata itu akan kita namakan Gunder Waterpark, jelas Sanita Wijaya, kuwu Desa Kedungdawa. 

Wijaya mengatakan, ia memiliki visi agar Desa Kedungdawa bisa maju, bersih serta sejahtera. Sehingga kehadiran wisata menjadi salah satu cara mencapai impian tersebut.

Dengan memiliki wisata, secara otomatis pendapatan asli desa (PADes) serta perekonomian warga sekitar pun akan meningkat. “Saya sangat yakin makanya wisata ini harus kami seriusi,” ujar Wijaya.

Sejauh ini, pembangunan Gunder Waterpark telah mencapai 25 persen. Wijaya menargetkan Gunder Waterpark akan selesai di tahun 2023 dengan kebutuhan anggaran sebesar Rp 1,2 miliar yang berasal dari dana desa.

Meski demikian, pembangunan wisata ini sempat terkendala biaya karena realokasi anggaran untuk pembenahan infrastruktur utama. Seperti perbaikan jalan, saluran irigasi dan lainnya. 

Oleh karenanya, Wijaya berharap Pemkab Cirebon dapat membantu mendatangkan investor guna mempercepat pembangunan wisata.

Kalau ngandalin dana desa memang tidak cukup. Saya harap ada investor baik dari swasta maupun pemerintah untuk membantu pembangunan tempat wisata ini,” tuturnya.

Agar pembangunan wisata bisa cepat selesai, Pemdes Kedungdawa juga melibatkan Bumdes, karangtaruna maupun masyarakat untuk bersama-sama bergerak menyukseskan.

Belum lama ini, Wijaya mengungkapkan, telah mendapat masukan dan bimbingan dari Pemkab Cirebon untuk kemajuan sektor wisata air tersebut.

Kami dapat arahan untuk membuat website wisata Gunder Waterpark supaya cepat dikenal masyarakat luas meski belum diresmikan,” ungkap Wijaya. *Sls

Pencarian
Edisi Terbaru 2024
Agustus 2024
Cover edisi Agustus 2024
Juli 2024
Cover edisi Juli 2024
Juni 2024
Cover edisi Juni 2024