Desa 3 edisi Januari 2023

Ambulu - Siapkan SDM Unggul

Ilustrasi Ambulu - Siapkan SDM Unggul

Pemerintah Desa Ambulu, Kecamatan Losari terus berupaya meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

Saat ini, desa yang berada di ujung timur Kabupaten Cirebon itu tengah getol dalam meningkatkan kualitas SDM masyarakat dan perangkat desa melalui berbagai program.

“Sejak awal menjabat, prioritas saya membangun SDM. Itu yang utama,” ujar Kuwu Desa Ambulu Sunaji.

Sunaji mengatakan, SDM unggul menjadi aset penting dalam sebuah pembangunan. Di ruang desa, peran SDM yang terampil dan berdaya saing menjadi faktor penentu terhadap suksesnya sebuah desa menyongsong masa depan.

Meski terkesan melawan arus, Sunaji yakin jika sikap yang ia ambil merupakan langkah tepat dalam mengemban amanat. Ia menegaskan, pembangunan SDM sangatlah penting demi memastikan kemajuan desa.

“Sebab, tanpa dimulai dengan SDM yang unggul, usaha untuk mencapai kesejahteraan di desa rasanya akan lebih sulit,” tegasnya.

Saat ditanya alasan mengapa dirinya mengambil langkah tersebut, Sunaji menyampaikan, jika dirinya hanya melaksanakan apa yang sudah diamanatkan undang-undang.

Oleh karenanya, berbagai program yang berfokus pada peningkatan SDM pun terus ia gencarkan. Seperti pelatihan dan pembinaan, yang banyak menyasar berbagai kelompok masyarakat maupun pelajar.

Hal tersebut ia lakukan demi melatih keterampilan serta daya saing setiap individu. Melalui usaha tersebut, Sunaji berharap Ambulu kedepannya menjadi desa yang lebih mandiri dengan SDM berkualitas.

“Kita berharap ikhtiar yang kita lakukan dapat mengantar Desa Ambulu menjadi lebih sejahtera,” tutur Sunaji.

Selain mengoptimalkan SDM, usut punya usut, Pemdes Ambulu juga memiliki sebuah program city tour.

Program city tour berguna untuk memotivasi sekaligus menghibur dan membuka wawasan anak-anak yatim dan piatu asal Desa Ambulu Losari. "City tour ini sudah berjalan dari 2018. Melibas semua Lembaga Desa. Pada tahun 2019 kami mulai mengajak yatim piatu sedesa Ambulu yang masih belajar di TK dan SD maupun MI untuk berwisata religi," pungkas Sunaji. *Mir

Pencarian
Edisi Terbaru 2024
Agustus 2024
Cover edisi Agustus 2024
Juli 2024
Cover edisi Juli 2024
Juni 2024
Cover edisi Juni 2024