Desa 4 edisi Oktober 2022

Guwa Kidul - Pelayanan Cepat Berkat Website

Ilustrasi Guwa Kidul - Pelayanan Cepat Berkat Website

Pemerintah Desa (Pemdes) Guwa Kidul, Kecamatan Kaliwedi, patut berbangga setelah berhasil mewujudkan pelayanan warga berbasis digital. Tidak sedikit, masyarakat Desa Guwa Kidul yang mengakui pelayanan desa dianggap cepat.

Sejak tiga tahun lalu, Pemdes Guwa Kidul meluncurkan website guna menunjang informasi dan kebutuhan masyarakat.

Kuwu Desa Guwa Kidul Ade Firdaus mengatakan, desa harus bisa bisa berkembang mengikuti zaman yang semakin cepat. Tak terkecuali dalam pelayanan.

"Website ini saya sendiri yang buat sejak tahun 2019 lalu. Saya rasa setiap desa punya kewajiban untuk berkembang mengikuti zaman," kata Ade.

Di dalam website terdapat banyak fitur. Mulai dari statistik desa, peta lokasi desa, pengaduan warga dan informasi seputar kegiatan di Desa Guwa Kidul.

Masyarakat juga merasa puas dengan pelayanan cepat website. Bahkan banyak juga yang membandingkan dengan pelayanan desa sebelah,” ungkap Ade.

Selain itu, website juga menyediakan data kependudukan, sehingga bukan hal sulit bagi Pemdes Guwa Kidul saat mencari data warga.

Semula, pada awal digitalisasi pelayanan, tidak sedikit perangkat desa yang mengeluh kesulitan. Namun, seiring waktu akhirnya terbiasa dan terbantu dengan adanya website tersebut.

"Awalnya banyak perangkat desa yang terbebani karena ada website itu, mungkin karena masa percobaan. Tapi sekarang mereka malah seneng karena merasa dimudahkan," jelasnya Ade.

Bahkan saat ini, Ade mengaku telah membantu pembuatan website untuk beberapa desa. Sekitar 13 desa di 3 kecamatan telah ia dorong agar memiliki website pelayanan.

“Dulu membuat website itu harganya Rp 35 juta, saya kasihan jadi saya bantu beberapa kuwu yang saya kenal untuk membuat website desa,” ungkap Ade.

Ade mengatakan, apa yang dilakukannya karena ia ingin desa-desa bisa maju. Sehingga ia merasa bangga karena Desa Guwa Kidul dapat menjadi contoh untuk desa-desa lain.

Karena kebetulan saya sukali ilmu teknologi (IT) sejak remaja. Jadi minimalnya pengetahuan saya bisa membantu Desa Guwa Kidul agar berkembang,” katanya. *Par

Pencarian
Edisi Terbaru 2024
Agustus 2024
Cover edisi Agustus 2024
Juli 2024
Cover edisi Juli 2024
Juni 2024
Cover edisi Juni 2024