Desa 4 edisi September 2022

Playangan - Resmikan Wisata Khas Bahari

Ilustrasi Playangan - Resmikan Wisata Khas Bahari

Baru-baru ini Pemerintah Desa Playangan, Kecamatan Gebang, melalui Bumdes Kuncup Mekar meresmikan wisata air bernama “Pesona Bahari”. Wisata tersebut merupakan upaya Pemerintah Desa Playangan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes).

Wisata Pesona Bahari dibangun sejak April 2022 silam. Sebelumnya, tempat tersebut merupakan tanah titi sara berupa balong kumuh yang dipenuhi semak belukar. Namun di tangan Sobirin, Kuwu Desa Playangan, tanah yang dipenuhi semak belukar diubah menjadi tempat wisata yang nyaman untuk keluarga.

Sekarang balongan yang awalnya kumuh sudah berubah jadi objek wisata yang bersih dan indah,” ujar Sobirin.

Ia pun berkeyakinan, wisata Pesona Bahari akan menjadi magnet wisatawan lokal. Pasalnya, selain memiliki akses jalan yang mudah, Pesona Bahari juga menawarkan beberapa fasilitas yang akan membuat pengunjung merasa nyaman dan betah.

Sebut saja, ada wahana sepeda air, kolam pemancingan dan kafe untuk bersantai para pengunjung.

“Pokoknya sebisa mungkin saya ingin pengunjung betah,”ungkap Sobirin.

Sobirin berharap, wisata tersebut akan mampu memberi manfaat bagi warga sekitar. Ia menuturkan akan terus berinovasi agar wisata Pesona Bahari terus berkembang. Kedepannya, Sobirin ingin para pelaku UMKM dapat berjualan di sekitar lokasi sehingga dapat meningkatkan perekonomian.

“Nanti kita bantu penjualan hasil laut atau usaha masyarakat dengan membuka stand sekitar wisata, sehingga masyarakat juga mendapatkan penghasilan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua BumDes Kuncup Mekar Nur Amar menjelaskan, Pesona Bahari merupakan salah satu program kerja kepala desa yang konsisten dan berkomitmen dalam berupaya memajukan Desa Playangan.

Di hari pertama diresmikan, warga Desa Playangan dapat menikmati seluruh fasilitas wisata Pesona Bahari secara gratis.  

Sesuai perintah Pak Kuwu, khusus warga Playangan boleh menikmati fasilitas wisata ini secara gratis di hari pertama pembukaan,” pungkasnya. *Par

Pencarian
Edisi Terbaru 2024
Agustus 2024
Cover edisi Agustus 2024
Juli 2024
Cover edisi Juli 2024
Juni 2024
Cover edisi Juni 2024