Desa 3 edisi Juli 2022

Warukawung - Satu Rumah, Satu Sarjana

Ilustrasi Warukawung - Satu Rumah, Satu Sarjana

Setiap desa pasti memiliki program yang menjadi unggulan untuk memajukan desa. Berbagai tawaran program sudah pasti dicanangkan sejak pencalonan kepala desa.

Tak tekecuali dengan Desa Warukawung, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon. Di antara program yang telah direncanakan mulai diwujudkan. Salah satunya mengenai program unggulan yakni satu rumah satu sarjana.

Kuwu Desa Warukawung Agung mengatakan program ini merupakan salah satu program unggulannya selama ia menjabat. Program ini merupakan ikhtiar Pemdes Warukawung untuk turut serta meningkatkan indeks pendidikan warga.

“Program ini menjaring masyarakat melanjutkan pendidikan kuliah S1,” ujar Agung.

Agung menambahkan selain program sarjana, ada juga program untuk pemuda yang putus sekolah dengan mengikuti program kejar paket dari mulai SD hingga SMA.

“Kita juga insyaallah ada program paket A sampai C untuk masyarakat tak mampu yang putus sekolah dan ingin melanjutkan pendidikan,” tambah Agung.

Agung telah menyosialisasikan program tersebut melalui berbagai platform media maupun secara langsung dengan bersilaturahmi ke warga. Agung mengaku, telah bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di Kabupaten Cirebon.

“Alhamdulillah kami sudah bekerjasama dengan PC IPNU Kabupaten Cirebon dan beberapa perguruan tinggi untuk program satu desa satu sarjana,” ungkap Agung.

Untuk calon panerima beasiswa, diutamakan semua warga Desa Warukawung yang memiliki ketentuan sesuai dengan regulasi dan persyaratan yang telah ditetapkan Pemdes Warukawung.

“Kita memiliki persyaratan khusus, misalnya pendidikan terakhir harus SLTA/paket C dan harus mau serius untuk melanjutkan pendidikan,” jelas Agung.

Sejauh ini, telah ada 12 warga Desa Warukawung yang telah mendaftar mengikuti program sarjana.

Yang daftar sudah lumayan kurang lebih 12 orang. Sebagian sudah ada yang masuk kuliah di salah satu perguran tinggi di Kabupaten Cirebon,” jelasnya.

Agung berharap melalui program itu, selain berguna untuk mencerdaskan masyarakat, juga dapat dirasakan manfaatnya dalam jangka panjang. Yakni bersama-sama turut serta dalam membangun desa. *Kus

Pencarian
Edisi Terbaru 2024
Agustus 2024
Cover edisi Agustus 2024
Juli 2024
Cover edisi Juli 2024
Juni 2024
Cover edisi Juni 2024