Desa 1 edisi Juli 2022

Bojong Wetan - Senarai Asa Menggapai Desa Maju

Ilustrasi Bojong Wetan - Senarai Asa Menggapai Desa Maju

Pemerintah Desa Bojong Wetan, Kecamatan Jamblang tengah bergeliat mengubah wajah desa yang semula disebut tertinggal. Mereka membuat perubahan besar. Sebut saja setelah berdirinya gapura di pintu masuk kantor yang sangat megah hingga bangunan beranda desa yang saat ini baru.

Wajah baru kantor desa dibangun atas inisiatif Pemdes Bojong Wetan guna membuat nyaman saat warga berkunjung. Kuwu Desa Bojong Wetan Roja’i Lugisanto mengatakan, upaya serius pemdes membenahi pelayanan warga di desa dimulai dari sarana yang layak.

Selanjutnya, yakni menumbuhkan sikap humanis dan responsif seluruh perangkat desa dalam melayani berbagai keperluan administrasi warga.

Roja’i memang dikenal telah malang-melintang dalam dunia birokrasi dan pelayanan publik. Sehingga ia perlahan mengubah tataran dan citra Desa Bojong Wetan.

“Memang dulu sempat di cap desa kami tertinggal makanya kami lakukan ini dan kini mulai bangkit berbenah diri,” ujar Roja’i.

Selain terus meningkatkan kualitas lembaga, Roja’i juga terus berupaya meningkatkan sejumlah sektor strategis dari industri, pertanian, ekonomi maupun sektor strategis lainnya.

Di bidang industri, Pemdes Bojong Wetan akan menciptakan produk busana berupa batik dengan melibatkan sumber daya warga sekitar. Dalam waktu dekat, Pemdes Bojong Wetan berencana membangun ekosistem industri hilir terwujud bekerjasama dengan berbagai pihak.

Sedang kita upayakan agar ekosistem industri rumahan segera terbangun,” katanya.

Sementara itu di sektor pertanian, Roja’i juga secara aktif memberikan penyuluhan terhadap warga tani agar mulai memanfaatkan material organik untuk pupuk tanaman padi. Hal ini bertujuan agar kedepan petani tidak lagi bergantung pada stok pupuk subsidi yang terbatas.

Roja’i mengatakan, tekad mengubah citra Bojong Wetan agar dapat bersaing dan tak kalah dengan desa maju lainnya begitu dilakukan secara serius. Ia hanya berharap, apa yang ia lakukan dapat menghantarkan agar Desa Bojong Wetan segera keluar dari ketertinggalannya.

“Melalui usaha yang sedang dilakukan Pemdes dari pembenahan pelayanan hingga sektor industri dan pertanian, kita berharap Desa Bojong Wetan maju terwujud, pungkasnya. *Mir

Pencarian
Edisi Terbaru 2024
Agustus 2024
Cover edisi Agustus 2024
Juli 2024
Cover edisi Juli 2024
Juni 2024
Cover edisi Juni 2024