Profil 2 edisi Juni 2022

Handi Eko Prasetyo S.Kom, MM - Bukan Atlet Tapi Demen Banget Olahraga

Ilustrasi Handi Eko Prasetyo S.Kom, MM - Bukan Atlet Tapi Demen Banget Olahraga

Berbicara soal olah tubuh, Eko memiliki perjalanan panjang saat muda. Kegemarannya dalam dunia olahraga sempat membawanya meraih berbagai kejuaraan.

Sejak masih duduk di bangku SD, pemilik nama lengkap Handi Eko Prasetyo itu begitu menyukai sepakbola dan tenis. Hampir setiap sore, Eko kecil, tak absen bermain sepakbola di lapangan Arjawinangun.

"Waktu masih SD saya ikut sekolah sepakbola bahkan menjadi kapten tim. Saya juga bermain tenis dengan alat seadanya," kenangnya menceritakan.

Semasa SMP hingga SMA, tak lupa Eko juga bergabung di klub basket dan futsal. Namun di masa itu  olahraga terpopuler adalah tenis dan sepakbola. Bersama teman sejawatnya, ia pun mengikuti berbagai lomba kejuaraan.

Menurutnya, setiap cabang olahraga yang ia geluti memiliki keunikan masing-masing. Tenis misalnya, membuat dia bisa dekat dengan kalangan elite. Sementara futsal dan basket memberi peluang ia bisa berkomunikasi dengan kalangan muda. Dan sepakbola adalah cara untuk bergaul dengan semua kalangan.

Kegemarannya terhadap olahraga terus dilanjutkan hingga ia menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Saat ini, Eko menjabat sebagai Kasubag Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Kabupaten Cirebon. Eko pun bergabung dengan komunitas olahraga Aparatur Sipil Negara (ASN).

Sampai sekarang  masih aktif bukan hanya karena hobi, tapi memang untuk menjaga kesehatan sekaligus silaturahmi dengan para penggemar olahraga lainnya,” jelasnya.

Bersama timnya, Eko mengaku beberapa kali telah ikut turnamen dan menjuarai belasan lomba tingkat wilayah 3 Cirebon.

"Waktu tahun 2017 tim saya pernah juara 3 di tenis yang diadakan Polresta Cirebon. Di tahun 2019 tim futsal saya juga pernah juara 1 saat ikut lomba di Kabupaten Kuningan," akunya.

Bagi Eko, olahraga merupakan tempat untuk silaturahmi dengan teman-teman dan mengenal orang baru. Selain itu, olahraga mampu menjadi sarana seseorang dapat berkomunikasi tanpa harus melihat pangkat maupun jabatan sosial.

“Saya berpikir demikian, kalau kita ketemu orang dalam kehidupan biasa, tentu jabatan itu menjadi pembatas. Tapi kalau kita berolahraga bareng semua sederajat dan guyub,” tuturnya.

Setiap akhir pekan, Eko tak luput akan melakukan rutinitasnya bermain tenis di lapangan BKPSDM Sumber bersama para ASN dan militer. Sementara di hari Rabu, jadwal ia akan bermain sepakbola di lapangan Ranggajati Sumber.

“Kalau sudah berolahraga pikiran begitu menyenangkan. Semua orang tak lagi memiliki status kedudukkan sosial, karir. Semuanya menyatu menjadi tim. Itu alasan saya benar-benar menyukai dunia olah tubuh ini,” terangnya.

Beberapa prestasi olahraga yang berhasil ia dapatkan saat muda, kini hanya menjadi bahan cerita yang akan terus dikenang.  

Di usianya saat ini, Eko menggeluti olahraga sebagi wadah silaturahmi dengan sejawatnya dan sebatas menjaga kesehatan tubuh.  

Meski demikian, tak banyak yang tahu, jika Eko sempat bercita-cita terlebih dahulu menjadi seorang pelaut. Mimpi itu lahir karena keinginannya berkeliling dunia . Eko sempat terdaftar sebagai mahasiswa di perguruan tinggi militer Cirebon. Hanya saja ia tak menuntaskannya.

"Pernah banget pengen jadi pelaut dan pernah sekolah di Akademi Maritim Cirebon (AMC). Tapi, mungkin takdir berkata lain, saya justru lulus sarjana komputer dan magister manajemen hingga ada peluang CPNS saya masuk pemerintahan,” jelasnya.

Saat ini, Eko pun tengah fokus menjadi abdi negara di jajaran Sekretariat DPRD Kabupaten Cirebon. *Par

Pencarian
Edisi Terbaru 2024
Agustus 2024
Cover edisi Agustus 2024
Juli 2024
Cover edisi Juli 2024
Juni 2024
Cover edisi Juni 2024