Desa 3 edisi Mei 2022

Leuweunggajah - Hadirkan Pelayanan Berbasis Digital

Ilustrasi Leuweunggajah - Hadirkan Pelayanan Berbasis Digital

Sudah setahun lebih, Pemerintah Desa Leuwenggajah, Kecamatan Ciledug, telah menerapkan program pelayanan berbasis digital untuk menunjang kebutuhan masyarakat di desa.

Para warga yang membutuhkan administrasi cukup mengaksesnya melalui website yang telah tersedia. Sekretaris Desa Leuwenggajah, Ahmad Hari mengatakan program tersebut merupakan inisiatif Pemdes Leuweunggajah sebagai tindak lanjut sosialisasi program smartcity yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Cirebon.

Pemkab Cirebon menginginkan desa-desa mulai melek digital. Karena itu lah kemudian saya menindak lanjuti program smartcity tersebut, hingga terbentuklah website desa yang sampai sekarang digunakan oleh kami,” ujar Ahmad.

Untuk memakainya pun cukup mudah, para warga hanya perlu memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk bisa mengaksesnya. Meski demikian, saat ini website tersebut masih dalam tahap pengembangan.

“Untuk sementara kami belum melakukan launching kepada warga karena masih ada beberapa hal yang perlu dimatangkan. Saat ini website tersebut masih dikelola perangkat desa. Saya ingin seluruh perangkat desa bisa paham terlebih dulu sebelum dikenalkan ke warga,” tuturnya.

Meskipun masih dalam masa percobaan, warga yang telah terdata dalam website sudah dapat menggunakan untuk keperluan pelayanan administrasi.

Dari sekitar 3.500 jiwa hanya 102 jiwa lagi yang belum masuk ke website. Semenjak menggunakan website, kinerja para perangkat desa juga lebih cepat dan mudah,” ungkap Ahmad.

Kuwu Desa Leuweunggajah mengatakan, selain data kependudukan yang dapat diakses untuk pemdes, berbagai kebutuhan administrasi lainnya juga bisa dilakukan . Seperti pembuatan surat izin dan data rata-rata pendidikan warga Leuweunggajah.

“Website ini benar-benar sangat membantu tugas perangkat desa, karena di dalam website ini terdapat banyak fitur dari perbaikan dokumen kependudukan, data surat masuk dan keluar, data pendidikan sampai mengenai kesehatan,” pungkasnya. *Par

 

Pencarian
Edisi Terbaru 2024
Agustus 2024
Cover edisi Agustus 2024
Juli 2024
Cover edisi Juli 2024
Juni 2024
Cover edisi Juni 2024