Desa 4 edisi Maret 2022

Kalikoa - Bangun Wisata Pertanian dan Perikanan

Ilustrasi Kalikoa - Bangun Wisata Pertanian dan Perikanan

Desa Kalikoa, Kecamatan Kedawung, memiliki potensi besar. Meski berada di perbatasan Kota Cirebon, desa ini masih memiliki suasana asri.

Saat ini, Pemerintah Desa (Pemdes) Kalikoa memiliki beberapa program yang tengah dikembangkan. Di antaranya yakni, pembuatan kawasan wisata. Konsep kawasan wisata yang ditawarkan pemdes berupa edukasi berbasis pertanian dan perikanan.

Kuwu Desa Kalikoa Misbah Fauzi mengatakan, ia telah menyiapkan dua hektare lahan di tengah desa untuk disulap menjadi kawasan wisata edukasi. Sejauh ini ia baru membenahi kawasan dan melakukan pemagaran.

Kami juga sudah mengeluarkan anggaran dana desa dan tambahan sumbangan dari warga untuk membangun kawasan edukasi ini. Saat ini masih tahap pembangunan,“ ujar Misbah.

Misbah menjelaskan, jika wisata edukasi tersebut akan menjadi sarana bagi generasi-generasi muda. Dengan tujuan agar bisa memberikan pemahaman tentang dunia pertanian dan budidaya perikanan.

Misalnya peralatan pertanian pada zaman dulu seperti apa hingga zaman sekarang? Cara menanam yang baik seperti apa? Sampai mengenalkan jenis-jenis padi beserta teknik irigasinya. Kita punya harapan para generasi muda bisa mengenal pertanian dan perikanan di derasnya perkembangan zaman,” jelas Misbah.

Misbah berencana menghadirkan nuansa perdesaan dengan mendirikan wahana permainan-permainan tradisional khas anak-anak pedesaan.

Saya ingin mengembalikan nuansa-nuansa pedesaan pada kawasan wisata tersebut,” ungkapnya.

Selain mendirikan wisata edukasi, Pemdes Kalikoa juga akan memunculkan produk makanan tradisional seperti rujak kangkung dan kerupuk sambal di lokasi wisata.

“Itu bagian upaya kita memberikan peluang pemasukan tambahan bagi para pelaku UMKM yang ada di Desa Kalikoa,” jelas Misbah.

Misbah berharap, wisata perikanan dan pertanian nanti selain menjadi edukasi juga mampu membantu pendapatan desa dan menumbuhkan sektor perokonomian bagi warga sekitar.  

“Desa kita selalu ramai karena berdekatan dengan kota. Rencana wisata edukasi kita punya keinginan para pelaku usaha makin bertumbuh dan membuat masyarakat sejahtera,” pungkas Misbah. *Soy



Pencarian
Edisi Terbaru 2024
Agustus 2024
Cover edisi Agustus 2024
Juli 2024
Cover edisi Juli 2024
Juni 2024
Cover edisi Juni 2024