Desa 1 edisi Maret 2022

Kelurahan Sumber - Targetkan Perbaikan dan Penerangan Jalan

Ilustrasi Kelurahan Sumber - Targetkan Perbaikan dan Penerangan Jalan

Kelurahan Sumber yang terletak di pusat Kabupaten Cirebon, bersiap menggencarkan pembangunan infrastruktur jalan. Pasalnya, selama ini kondisi jalan dan beberapa sarana prasarana (sarpras) yang rusak belum diperbaiki akibat anggaran dana desa yang sempat direlokasi.

“Sekarang kita fokus dulu pada perbaikan jalan kelurahan di beberapa titik lokasi. Terutama di ruas jalan RT yang telah rusak parah,” ujar Lurah Sumber Budiyana.

Budiyana akan fokus pada pengaspalan jalan agar tidak terjadi banjir kembali bila musim hujan.

Ia pun memastikan pemilihan kualitas aspal akan diutamakan agar hasilnya optimal dan tak mudah rusak. Setelah target pengaspalan jalan tercapai, selanjutnya yakni perbaikan irigasi jalan.

"Masa jalan udah bagus tetapi kondisinya tergenang air. Nanti cepat mengelupas dan rusak parah lagi. Maka kita juga akan fokus pada pembangunan saluran irigasi," tuturnya. 

Sejauh ini ia mengungkapkan, banyak jalan yang tak memiliki saluran pembuangan air karena tertutup bangunan. Walhasil saat musim penghujan di beberapa rukun tetangga (RT) jalan kebanjiran.

"Aspal jalan mengelupas akibat tergerus air hujan. Selain itu, banyak jalan yang berubah selokan karena tidak ada saluran irigasi. Kami optimalkan pengaspalan jalan dan perbaikan irigasi," tegasnya. 

Tak sampai di situ, Budiyana juga menargetkan pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) di titik jalan yang masih gelap. Agar memberikan kenyamanan bagi warga yang melintasi jalan di malam hari dan meminimalisasi kejahatan. 

“Kalau sekarang masih ada jalan yang enggak ada penerangan sama sekali. Kalau jalan dan irigasi sudah bagus nantinya, jalan juga harus memiliki penerangan. Kita akan upayakan itu,” jelas Budina.

Pada Musrenbang Janurari 2022, Kelurahan Sumber telah menyampaikan usulan pengadaan 40 PJU dan Penerangan Jalan Lingkungan (PJL). Namun yang disetujui hanya 27 titik. 

Semoga dapat terealisasi nantinya di tahun ini. Kelurahan Sumber harus diistimewakan. Sebab daerah ini jantungnya Kabupaten Cirebon. Bagaimana bisa jantung kabupaten punya jalan rusak dan gelap. Dan ini tidak boleh terjadi lagi," pungkasnya. *Muiz

Pencarian
Edisi Terbaru 2024
Agustus 2024
Cover edisi Agustus 2024
Juli 2024
Cover edisi Juli 2024
Juni 2024
Cover edisi Juni 2024