Desa 2 edisi Februari 2022

Pamijahan - Impian Kembangkan Olahraga dan Sport Centre

Pemerintah Desa (Pemdes) Pamijahan tengah menargetkan beberapa program unggulan sebagai upaya menjadi desa maju. Di antara sederet program itu, yakni pengembangan sektor kios, pembangunan gudang rotan, pengelolaan sampah hingga pendirian sport centre.

Saat ini kita sudah ada 12 unit kios yang siap disewakan. Kita ingin membangun 5 kios lagi dan gudang rotan untuk tingkatkan PADes,” ujar Supono, Kuwu Desa Pamijahan.

Selanjutnya, Pemdes Pamijahan juga akan fokus pada pengelolaan sampah melalui pemberian sanksi tegas kepada masyarakat yang tidak patuh terhadap pengelolaan sampah.

Kita punya tanah dekat perumahan di ujung yang berbatasan dengan Cempaka. Di sana ada TPS yang sudah dikelola oleh RT dan pemuda setempat,” jelasnya.

Selain beberapa program tersebut, target lain yang ingin dicapai yakni pembangunan sport centre sebagai sarana sarana mewadahi para pemuda yang gemar berolahraga. Apalagi, Desa Pamijahan telah memiliki lapangan bola dan Gedung Olahraga (GOR). Supono mengaku, pembangunan sport centre ini telah direncanakan sejak 2017 lalu oleh pemdes.

Kita masih punya tanah yang bisa jadi sarana olahraga bagi masyarakat Pamijahan. Entah itu bentuknya kolam renang atau apa, yang penting ada sport centre,” ujar Supono.

Supono pun menerangkan, pada 2020 Pemdes Pamijahan sebenarnya telah menganggarkan Rp 1 miliar untuk merenovasi lapangan sepak bola. Hanya saja, tahun 2020 harus direalokasi untuk percepatan Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Karena 2020 masih ada Covid-19, jadi sisanya buat infrastruktur dan kebutuhan masyarakat yang membutuhkan dulu,” ungkapnya.

Sementara untuk pendirian sport centre, Supono mengatakan ia telah melakukan studi banding ke Desa Cisayong, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya.

Pasalnya Desa Cisayong dianggap telah berhasil mengelola lapangan sepak bola yang viral dan sudah berstandar nasional dan mampu memberikan pendapatan bagi desa.

Kita sempat studi banding ke sana karena penasaran. Ternyata bagus. Rumputnya sudah standar nasional, ada penginapan juga yang menambah penghasilan. Itu yang menjadi inspirasi kita,” katanya. *Kus

Pencarian
Edisi Terbaru 2024
Agustus 2024
Cover edisi Agustus 2024
Juli 2024
Cover edisi Juli 2024
Juni 2024
Cover edisi Juni 2024