Desa 4 edisi Januari 2022

Kecomberan - Ingin Wujudkan Sentra Kuliner

 

Pemerintah Desa (Pemdes) Kecomberan, Kecamatan Talun, tampak serius dengan cita-citanya membangun sentra wisata kuliner Talun.

Dengan mengusung visi menjadi desa mandiri, aman sejahtera, tertib dan rapih, Kuwu Desa Kecomberan Mastur Hidayat, pun bertekad untuk mengurai segudang masalah ini satu persatu. Ia berencana membangun sentra wisata kuliner di Jalan Ir Soekarno, Kecamatan Talun di area potensi lahan persawahan.

Seperti diketahui, Desa Kecomberan memiliki area persawahan yang cukup luas. Kendati demikian, tidak mudah bagi Mastur untuk mewujudkan secepatnya membangun sentra kuliner. Pasalnya,  ia akan lebih dahulu meningkatkan sumber daya warga dan fokus pada kesejahteraan pasca pandemi.

"Kita ingin warga juga sadar pentingnya memanfaatkan area untuk perekonomian. Meskipun saat ini kita memang masih fokus pada penanganan pandemi," ujarnya.

Kemelut pandemi Covid-19 yang masih belum juga usai begitu membatasi gerak langkah Mastur dalam mewujudkan harapannya itu. Akibatnya anggaran dana desa (ADD) masih diprioritaskan untuk membantu masyarakat terdampak pandemi.

“Kita baru melakukan pembagian bantuan baik BLT ke masyarakat. Akan tetapi, masyarakat juga perlu sadar akan potensi yang ada didaerahnya. Kita ingin adanya sentra kuliner bisa membantu warga mencapai kesejahteraan juga nantinya," kata  Mastur.

Meski tantangan yang harus dihadapi tidak sedikit, Mastur tetap berupaya semaksimal mungkin dalam memecah permasalahan yang ada di daerahnya. “Lagi-lagi karena kepentok modal, mas," gurau Mastur.

Ia mengatakan, ADD saat ini  belum cukup jika untuk dialokasikan pembangunan sentra  kuliner  dalam waktu dekat.

“Kami tetap akan mengupayakan sebisa kami demi mewujudkan sentra kuliner ini,"  katanya.

Ia pun akan memutar otak mencari pemasukan agar wisata kuliner dapat terealisasikan. Mastur berharap dengan terwujudnya kawasan wisata kuliner yang tersentral nantinya, akan menjadi magnet yang dapat mengundang wisatawan baik lokal maupun luar daerah untuk berkunjung.

"Dengan begitu, penyerapan sumber daya lokal bisa lebih maksimal. Sehingga, taraf hidup masyarakat juga lebih meningkat dan mandiri. Mudah-mudahan rencana ini bisa terealisasi dengan segera," pungkasnya.*Mir

Pencarian
Edisi Terbaru 2024
Agustus 2024
Cover edisi Agustus 2024
Juli 2024
Cover edisi Juli 2024
Juni 2024
Cover edisi Juni 2024