Desa 2 edisi Januari 2022

Pabuaran Lor - Kembali Bangun Kios dan Alun-Alun di 2022

 

Desa Pabuaran Lor, Kecamatan Pabuaran, yang terletak di Jalan Pangeran Sutajaya selatan timur Cirebon tengah bersiap melanjutkan kembali pembangunan alun-alun yang sempat mangkrak. Kuwu Desa Paburan Lor Heri Castari mengungkapkan, ia telah mulai merancang kembali desain alun-alun yang diperkirakan menjadi pusat keramaian warga.

Setelah rotasi camat, saya dapat intruksi untuk melanjutkan. Saya sudah buat desain alun-alun yang nanti akan menjadi taman bermain bagi warga kami maupun masyarakat sekitar,” ungkap Heri.

Rencana itu pun, kata Heri, telah disepakati oleh seluruh elemen desa dari BPD hingga tokoh pemuda serta unsur masyarakat pada Musyawarah Desa (Musdes) beberapa waktu lalu.

Heri menerangkan, jika lahan seluas 1,5 hektare yang akan dibangun alun-alun tersebut bertujuan untuk mengurangi kawasan kumuh di sekitar lapangan yang selama ini tak tertata. Salah satu upayanya dengan mendirikan kios-kios guna para pedagang.

Kita berupaya mengurangi tempat kumuh sekitar lapangan. Karena sejauh ini banyak pedagang yang berjualan di pinggir jalan yang mengganggu pengguna jalan dan sampahhnya berserakan. Makanya kita akan buat kios. Kita juga akan dirikan kolam untuk pemancingan,” jelas Heri.

Sejauh ini, alun-alun tersebut baru memiliki taman bermain anak-anak yang diberi nama ‘Taman Sutakriya’ yang juga menjadi salah satu Ruang Terbuka Hijau (RTH). Heri pun optimistis, di tahun 2022 selain menyelesaikan sisa perbaikan jalan desa, Pemerintah Desa (Pemdes) Pabuaran Lor akan fokus membangun alun-alun.

Tahun lalu kami sudah memperbaiki jalan di tiga dusun dari enam dusun yang ada di desa kami. Sekarang kami juga akan fokus menyelesaikan sisa tiga dusun, sekaligus menganggarkan untuk pembangunan alun-alun tersebut,” kata Heri.

Ia pun mengakui, jika perbaikan infrastruktur jalan serta membangun alun-alun memerlukan anggaran yang tak sedikit. Namun Heri tak kehabisan ide, demi mewujudkan itu semua, ia telah merumuskan untuk memanfaatkan aset tanah desa yang telah dikavling guna meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes).

Tapi tentu kami berharap Pemda juga merespon baik rencana pembangunan alun-alun di Desa Pabuaran Lor ini agar didukung pula,” pungkas Heri. *Par

Pencarian
Edisi Terbaru 2024
Agustus 2024
Cover edisi Agustus 2024
Juli 2024
Cover edisi Juli 2024
Juni 2024
Cover edisi Juni 2024