Dari Redaksi edisi Januari 2023

Perjalanan

Setiap 10 November, bangsa kita memperingati Hari Pahlawan. Sebuah peristiwa heroik yang tercatat dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Nama lainnya yakni‘Pertempuran Surabaya’ karena terjadi di Kota Surabaya.

Pertempuran ini, adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Sebuah pertempuran terbesar dan terberat dalam perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Setelah gencatan senjata, antara pihak Indonesia dan pihak tentara Inggris ditandatangani pada 29 Oktober 1945, keadaan berangsur-angsur mereda. Meski demikian, tetap saja terjadi bentrokan-bentrokan bersenjata antara rakyat dan tentara Inggris di Surabaya.

Bentrokan-bentrokan tersebut, memuncak dengan terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby (Pimpinan Tentara Inggris untuk Jawa Timur) pada 30 Oktober 1945.

Medan perang Surabaya kemudian mendapat julukan “neraka” karena kerugian yang disebabkan tidaklah sedikit. Pertempuran tersebut telah mengakibatkan sekitar 20 ribu rakyat Surabaya menjadi korban, sebagian besar adalah warga sipil. Sementara sekitar 1600 orang prajurit Inggris tewas, hilang dan luka-luka.

Perang dahsyat tersebut, akhirnya menjadi bukti keberhasilan Bangsa Indonesia mempertahankan wilayah teritorialnya.

Bertepatan edisi kali ini, kami pun menyajikan sebuah perjalanan rancangan Peraturan Daerah (Perda) tentang Sampah hingga diketuk palu. Sebuah inisiatif DPRD yang diharapkan akan menjadi solusi persoalan sampah di Kabupaten Cirebon. Selamat membaca Cirebon Katon. Selamat Hari Pahlawan Nasional 2022.

 

Pencarian
Edisi Terbaru 2024
Agustus 2024
Cover edisi Agustus 2024
Juli 2024
Cover edisi Juli 2024
Juni 2024
Cover edisi Juni 2024