Profil 1 edisi Oktober 2022

Ramdhani, S.T - Gemar Baca Sejak Belia

Ilustrasi Ramdhani, S.T - Gemar Baca Sejak Belia

Membaca menjadi hal wajib bagi laki-laki satu ini. Seja kecil, ia memiliki hobi membaca. Tak ayal beragam tulisan ia lahap dari ilmiah hingga fiksi.

Adalah Ramdhani, Kepala Sub Koordinator Perencanaan Evaluasi dan Pelaporan Sekretariat DPRD Kabupaten Cirebon. Sebelumnya, Ramdhani terlebih dahulu berkarir di beberapa dinas.

“Sebelum di Sekretariat DPRD saya juga pernah di Sekretariat Daerah (Sekda), Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), kemudian Dinas Lingkungan Hidup. Saya memang suka sekali membaca,” ungkapnya.

Tak heran, di saat waktu luang, Ramdhani akan memanfaatkannya untuk membaca koran maupun berita.

Laki-laki berkulit sawo matang itu menyelesaikan pendidikan SD hingga perguruan tinggi di Kabupaten Garut. Di sana pula, Ramdhani pertama kali menemukan hobinya.

Kegemarannya dalam membaca diakui pertama kali saat ia duduk di bangku SMP. Ramdhani sering mengoleksi dan menyukai bacaan fiksi komik.

“Waktu SMP saya sering banget baca komik seperti Kungfu Boy, tapi kalau sekarang lebih banyak baca artikel,” ucapnya.

Beranjak dewasa, Ramdhani pun beralih membaca berbagai artikel olahraga. Hampir setiap saat, ia selalu mencari informasi perkembangan olahraga dari dalam dan luar negeri. Hal itu dilakukan, karena Ramdhani menyukai sepak bola dan badminton.

“Paling seru itu saat baca artikel soal sepak bola dan badminton, karena jujur saja saya sendiri suka dengan kedua olahraga itu. Dulu sering banget main bola,” katanya.

Namun, saat ini Ramdhani tak bisa sesering dulu untuk bermain bola dan bulu tangkis karena kesibukannya.

“Kalau sekarang udah enggak kuat. Jarang banget paling ikut main badminton dan sepakbola bareng rekan kerjanya di sini,” jelasnya terkekeh.

Pria kelahiran Agustus 1979 itu pun mengakui hanya menjadi fans klub bola saja.

“Saya punya klub favorit Barca atau Bacelona, sementara kalau di sini Persib Bandung,” ungkap Ramdhani.

Agar tidak ketinggalan informasi dan perkembangan kedua klub favoritnya, Ramdhani  pun gemar membaca artikel soal olahraga.

Bagi Ramdhani, membaca bukan hanya untuk memanfaatkan waktu luang dengan positif. Namun lebih dari itu. Dengan membaca nalar seseorang dapat berkembang dalam menyikapi persoalan.

Ia juga berpendapat, sebagai makhluk sosial sudah menjadi keharusan memanfaatkan waktu luang sebaik mungkin dengan melakukan hal yang positif.

“Kita harus bisa memanfaatkan waktu yang ada sebaik mungkin, dengan melakukan hal-hal yang positif,” kata pria lulusan Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Garut itu.

Meski demikian, Ramdhani belum tertarik untuk menulis. Ia masih konsisten menjadi penikmat tulisan orang lain.

Bekerja membantu tugas legislator, membuat Ramdhani juga harus memiliki pengetahuan yang banyak dan ter-update. Jika semula ia hanya membaca perkembangan olahraga, kini Ramdhani diharuskan mengetahui isu pemerintahan dan pengetahuan baru berkaitan tugasnya di Sekretariat DPRD Kabupaten Cirebon.

Meski demikian hobi membaca artikel olahraga tetap jadi kesehariannya. Baginya pantang tertinggal informasi mengenai perkembangan olahraga dunia.

Setiap libur bekerja, Ramdhani akan memilih untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Menurutnya, hal itu merupakan bentuk tanggung jawabnya menjadi kepala keluarga.

“Apalagi kalau hari biasa kan saya jarang pulang, Seminggu bisa enggak ada waktu. Makanya kalau libur saya lebih suka habiskan waktu bareng keluaraga saja,” pungkasnya. *Par

 

Pencarian
Edisi Terbaru 2024
Agustus 2024
Cover edisi Agustus 2024
Juli 2024
Cover edisi Juli 2024
Juni 2024
Cover edisi Juni 2024