Dari Redaksi edisi Juni 2022

Pelayanan Prima

Apa yang dipikirkan saat mendengar frasa ‘pelayanan publik’? Menurut ilmuan, pelayanan publik didefinisikan: segala kegiatan pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik sebagai upaya pemenuhan kebutuhan publik dan pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sementara Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik menjelaskan kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh pemerintah.

Dengan demikian, aktivitas pelayanan publik merupakan keniscayaan dalam sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal itu bahkan yang mendasari mengapa setiap individu membutuhkan kehadiran government (pemerintah) agar dapat memenuhi hajat banyak orang. Dalam arti lebih luas, para pemangku kebijakan memiliki kewajiban melayani.

Pertanyaannya seperti apa pelayanan publik yang terjadi saat ini? Sudahkah memberikan pelayanan yang prima atau dalam bahasa lain, excellent service? Melakukan pelayanan sebaik mungkin kepada masyarakat sehingga terjadinya simbiosis mutualisme.

Oleh karena itu, pada edisi kali ini redaksi majalah Cirebon Katon mencoba mengupas kondisi terkini pelayanan publik yang terjadi di Kabupaten Cirebon. Kami mencoba marangkumnya dan menyajikannya berdasarkan narasumber dan fakta-fakta lapangan mengenai pelayanan sejak tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten.

Kami senantiasa menunggu masukan, saran dan kritik dari seluruh pembaca budiman. Kita berharap kehadiran majalah ini selalu memberi informasi segar dalam setiap bulan. Selamat membaca Cirebon Katon!

Pencarian
Edisi Terbaru 2024
Agustus 2024
Cover edisi Agustus 2024
Juli 2024
Cover edisi Juli 2024
Juni 2024
Cover edisi Juni 2024