Publika edisi Mei 2022

PUBLIKA - Mei

Ilustrasi PUBLIKA - Mei

PUBLIKA 1

Judul:

Usul Pasang Lampu Lalu Lintas

Body:

Assalamualaikum Wr Wb

Jalan Pangeran Cakrabuana di Kecamatan Talun selalu mengalami kemacetan tiap hari. Tak jarang, penumpukan kendaraan mengular ratusan meter. Penyebabnya hampir karena macetnya pertigaan jalan. Di pertigaan jalan tersebut seringkali tampak morat-marit. Saling serobot antar pengguna jalan pun menjadi hal biasa karena tidak adanya lampu lalu lintas yang mengatur.

Oleh karenanya untuk meminimalisasi terjadinya kecelakaan, kiranya perlu dibangun sarana lampu lalu lintas di beberapa simpul yang berpotensi menimbulkan kepadatan kendaraan, seperti di pertigaan Jembatan Merah dan perempatan Kelurahan Kemantren. Atas kondisi tersebut saya berharap Pemerintah Kabupaten Cirebon bisa segera membangun sarana jalan tersebut. Terimakasih sebelumnya kepada Cirebon Katon yang berkenan menerbitkan.

Wassalamu’alaikum Wr Wb

(Dian/Wiraswasta/Talun)

 

PUBLIKA 2

Judul:

Perlu Mitigasi Tawuran Pelajar

Body

Assalamualaikum Wr Wb

Beberapa waktu lalu, masyarakat sempat digegerkan dengan aksi ratusan pelajar SMP yang melakukan aksi tawuran di wilayah Dukupuntang, menimbulkan sedikitnya 9 korban luka akibat sabetan senjata tajam. Peristiwa itu tak ayal menimbulkan trauma baik bagi masyarakat maupun pelajar itu sendiri. Beberapa waktu kebelakang, aksi tawuran sering terjadi antar kelompok. Entah karena dipicu kesalahpahaman atau cekcok di media sosial sehingga berujung  perkelahian.

Menjadi sebuah ironi, para pelajar yang seharusnya berada di ruang kelas bersama guru mereka, malah  melakukan aksi tawuran. Saya berharap, Bapak/Ibu Dewan maupun dan Pemkab Cirebon bisa mengambil langkah nyata untuk pencegahan, agar aksi tawuran antar pelajar tak terulang di kemudian hari. Karena bagaimanapun, mereka adalah generasi penerus masa mendatang yang wajib kita dorong ke arah yang lebih positif.

(Yoga/Mahasiswa/Cirebon)

 

PUBLIKA 3

Judul :

Warga Minta Betonisasi TPS

Body

Assalamualaikum Wr Wb

Kepada Bapak/Ibu Anggota DPRD Kabupaten Cirebon. Saya Salim (38) Asal Desa Kalideres, Kecamatan Arjawinangun. Saya ingin mengajukan permintaan agar bisa membeton tempat pembuangan sampah sementara (TPS) yang berada di Jalan Kalideres. Pasalnya, di musim penghujan seringkali limbah bekas pembakaran sampah hanyut terbawa air hujan dan menggenang di lahan persawahan sekitar. Hal itu pun berdampak buruk bagi kualitas tanah maupun tanaman.

Mengingat volume sampah yang dibuang di tempat ini terus bertambah setiap harinya, saya kira upaya betonisasi harus segera dilakukan, agar risiko maupun dampak yang ditimbulkan bisa cepat diantisipasi. Mudah-mudahan para Bapak/Ibu anggota DPRD Kabupaten Cirebon dapat segera mendorong dinas terkait untuk betonisasi ini. Itu semua, agar kualitas tanaman serta lahan persawahan tetap terjaga baik.

Wassalamu’alaikum Wr Wb

(Salim/Petani/Kalideres)

 

PUBLIKA 4

Judul:

Jembatan Penghubung Ambruk

Body

Salam hormat Bapak/Ibu DPRD Kabupaten Cirebon

Tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah Kecamatan Plumbon belum lama ini, menyebabkan Sungai Soka meluap. Akibatnya, jembatan yang menghubungkan dua dusun di Desa Kedung Sana ambruk dan sempat memutus akses warga sekitar. Selain ambruknya jembatan, luapan air sungai juga menyebabkan banjir dan merendam sejumlah desa di Kecamatan Plumbon. Sementara ini, warga baru dapat mengupayakan perbaikan darurat dengan menyambung struktur jembatan menggunakan material seadanya.

Mengingat cuaca yang masih tidak menentu, jelas menimbulkan kekhawatiran bagi warga sekitar akan terulangnya peristiwa serupa. Ditambah lagi, kondisi struktur jembatan yang terlihat tidak begitu kokoh pasca diterjang aliran sungai. Untuk itu kami meminta respon cepat pemerintah daerah agar segera ada tindak lanjut terkait hal ini, terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr Wb

(Mul/Buruh/Kedung sana)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pencarian
Edisi Terbaru 2024
Agustus 2024
Cover edisi Agustus 2024
Juli 2024
Cover edisi Juli 2024
Juni 2024
Cover edisi Juni 2024