Kilas 2 edisi Agustus 2024

Periode Ini Evaluasi Berbenah Diri

Ilustrasi Periode Ini Evaluasi Berbenah Diri

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Cirebon Sofwan, ST atau akrab disapa Opang’ sudah banyak merasakan asam garam selama mengemban tugas menjadi legislator Kabupaten Cirebon. Pasalnya, dua periode sudah Opang menjadi legislator, dan akan menjabat kembali untuk periode 2024-2029.

Selama menjadi ketua komisi I DPRD Kabupaten Cirebon, Opang selalu lantang bila membahas bidang pemerintahan. Dalam setiap paripurna, Opang sering kali menyoal hak dan kepentingan warga.

Tak hanya lantang terhadap kebijakan pemerintah daerah, ia pun seringkali melempar kritik kepada sesama anggota DPRD yang terkesan “bandel”. Meski terdengar aneh karena celotehnya justru menyasar internal, namun hal itu ia tunjukkan agar ada perbaikan.

Misalnya soal presensi anggota yang sering absen saat rapat,  Opang tak segan mengkritik. Pasalnya bagi Opang, hal tersebut menyangkut kepercayaan publik terhadap instansi.

“Sama sekali tidak ada tujuan menjatuhkan atau apapun, semata-mata ini sebagai evaluasi agar kedepan wajah DPRD bisa lebih baik lagi, dan saya konsisten untuk itu,” tegas Opang.

Sikap politiisi Gerindra tersebut dilandasi atas tugasnya di Komisi I yang membidangi pemerintahan, hukum, pemberdayaan masyarakat yang menyangkut pokok hidup banyak orang.

Opang menjelaskan, seorang anggota legislator sudah semestinya memiliki kesiapan dan disiplin saat meramu kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat. Karenanya, kehadiran mereka dalam setiap rapat mutlak dibutuhkan bukan malah sebaliknya.

Ketika disinggung soal kesan selama membersamai anggota DPRD periode 2019-2024, pria bergelar sarjana teknik itu mengatakan, semua berjalan normal dan wajar.

Bagi saya selama ini perjalanan kita normal dan tidak ada yang terlalu menonjol, bahwa ada beberapa hal yang kurang sesuai itu akan kami evaluasi untuk terus berbenah lebih baik lagi kedepan,” ujarnya.

Ia berharap, pada periode mendatang, DPRD Kabupaten Cirebon dapat berbenah diri. Kehadiran anggota DPRD baru semoga menjadi lokomotif agar institusi wakil rakyat ini bisa semakin ngebut menjalankan tugasnya.

“Apalagi, setengah lebih anggota akan diisi wajah baru, jadi kita berharap kedepan akan ada terobosan yang mengubah citra dan kinerja,” tandasnya.

Pencarian
Edisi Terbaru 2024
Agustus 2024
Cover edisi Agustus 2024
Juli 2024
Cover edisi Juli 2024
Juni 2024
Cover edisi Juni 2024