Dinamika 7 edisi Agustus 2024

Ini Tugas yang Unik

Baginya, fungsi DPRD sangat strategis karena memiliki peran penting dalam mengawal kebijakan pembangunan Kabupaten Cirebon. Karenanya, selama membersamai anggota DPRD, Agung banyak belajar hal baru.

 

“Sesuatu yang semula belum pernah saya dapatkan, saya banyak belajar mendengarkan segala persoalan masyarakat. Dan saya bertugas memfasilitasi teman-teman anggota DPRD agar mereka bisa lancar melaksanakan tri fungsinya,” ungkap pria yang saat ini menjabat Kabag Fasilitasi Penganggaran dan Pengawasan Sekretariat DPRD Kabupaten Cirebon.

 

Selama menjalankan tugas dan fungsinya, pemilik nama lengkap Agung Gumilang ini selalu selalu siap bila diminta memfasilitasi anggota DPRD. Misalnya dalam rapat dinas, konsultasi hukum berupa kunjungan dalam dan luar daerah, LKPJ hingga rapat Badan Anggaran (Banggar).

 

Kita ingin memastikan Pemda itu di fasilitasi oleh teman-teman DPRD, sehingga belanja dengan kebutuhan rencana pembangunan bisa balance,” jelasnya.

 

Menurutnya, anggaran belanja yang berkualitas bisa terjadi bila fungsi pengawasan optimal sehingga serapannya tepat sasaran.

 

Ia mengaku terus bersinergi baik dengan anggota DPRD Kabupaten Cirebon periode 2019-2024. Meski secara administratif, ia berada di bawah Sekretaris Dewan dan Bupati Cirebon, tetapi dalam tupoksinya, Agung juga bertanggungjawab kepada anggota dewan.

 

Bagi pria yang pernah berdinas di Bappeda itu, pengalaman bekerja di sekreriat dewan sangatlah berkesan meski jabatannya baru seumur jagung. Namun itu adalah tugas yang unik. Mengapa? Karena bila sebelumnya Agung hanya memiliki satu pimpinan, sekarang berada di bawah dua pimpinan.

 

“Satu pimpinan birokrasi, satu pimpinan politisi. Jadi harus pintar-pintar melaksanakan tusi ini agar tetap berjalan,” ujarnya.

 

Dengan karakteristik dan latarbelakang yang heterogen ini, ia harus bisa menyelami lebih banyak kebiasaan dan karakter orang. Ia pun berharap, anggota DPRD Kabupaten Cirebon periode baru nanti dapat terus bekerjasama dengan baik. Ada banyak pekerjaan rumah yang menanti.  

 

“Cirebon punya potensi yang luar biasa. Intinya gimana caranya Cirebon Kabupaten Sejahtera. Dan itu harus didipastikan mesin birokratnya bagus dan para politisnya juga oke,” tandasnya. *Suf

Pencarian
Edisi Terbaru 2024
Agustus 2024
Cover edisi Agustus 2024
Juli 2024
Cover edisi Juli 2024
Juni 2024
Cover edisi Juni 2024