Dinamika 1 edisi Agustus 2024

Harmonisasi Adalah Kunci Penting

Ilustrasi Harmonisasi Adalah Kunci Penting

Masa jabatan anggota DPRD Kabupaten Cirebon periode 2019-2024 menjelang babak akhir. Selama periode tersebut, tentu menciptakan banyak sekali momen berkesan bagi setiap mereka yang duduk di kursi legislator.

 

Salah satunya Hj. Eryati, yang mana merupakan salah satu "Srikandi" di jajaran legislator kabupaten cirebon fraksi Gerindra. Ia kembali terpilih setelah mengantongi lebih dari 12 ribu suara pada Pemilu 2024 beberapa waktu lalu.

 

"Seperti kata pepatah, setiap pertemuan pasti ada perpisahan", ungkap Eryati.

 

Di dua tahun terakhir dirinya menjabat, Eryati dipercaya mengemban tugas memimpin salah satu Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD Kabupaten Cirebon yakni Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda).

 

Ia menjelaskan, memimpin salah satu instrumen penting dalam sebuah lembaga pemerintah sama sekali bukan perkara mudah, apalagi ketika bicara soal Bapemperda, dimana dirinya harus dengan jeli ketika menyusun setiap rancangan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) agar selaras dengan skala prioritas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda).

 

"Bagi saya pribadi, memastikan semua berjalan sesuai trek tentu membuat kesan tersendiri," jelasnya.

 

Politikus Gerindra itu mengatakan, sepanjang perjalanannya memimpin Bapemperda, jarang sekali ia temui adanya masalah yang mengganggu jalannya siklus kinerja AKD yang ia pimpim tersebut. Hal itu dikarenakan bahwa memang dirinya tahu betul apa yang harus dilakukan.

 

"Model yang saya kedepankan di Bapemperda adalah harmonisasi", katanya.

 

Menurut Eryati, harmonisasi adalah salah satu faktor penentu tercapainya target kinerja Bapemperda, karna baginya, tanggung jawab seorang anggota legislator bukan melulu soal membuat atau mengatur sebuah kebijakan. Tapi bagaimana menjaga keharmonisan antar pihak sehingga tujuan ataupun target yang dikehendaki bersama bisa dicapai.

 

Meski periode mendatang tidak ada jaminan jika dirinya tetap memimpim Bapemperda, namun Eryati berharap agar siapapun yang kelak memimpin, tidak serta merta memutus rantai perjuangan yang selama ini ia lakukan.  Melainkan tetap meneruskan perjuangan dengan berpedoman pada tugas dan fungsi DPRD.

 

Pencarian
Edisi Terbaru 2024
Agustus 2024
Cover edisi Agustus 2024
Juli 2024
Cover edisi Juli 2024
Juni 2024
Cover edisi Juni 2024